Agar burung kenari selalu Fit (Sehat)

Share on :
Burung Kenari (Serinus canaria) adalah burung kicau yang sangat banyak penggemarnya. Selain warnanya yang indah dan beragam, suara kicau burung ini pun indah, sehingga bagi sebagian orang dapat sebagai penghilang stress setelah penat bekerja.
Burung Kenari sangat mudah sekali beradaptasi, burung ini sangat mudah untuk menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan, sehingga burung ini tidak mudah stress dan juga mudah jinak kepada manusia.
Hampir semua jenis Kenari senang berkicau, meskipun mungkin tidak terus berkicau sepanjang waktu. Kicauan ini selain untuk menghibur dirinya sendiri juga untuk menarik burung kenari lainnya. Kicauan burung kenari lebih dominan pada burung Kenari jantan daripada yang betina. Burung ini bukan burung sosial alias burung ini akan lebih bahagia apabila dijadikan burung peliharaan tunggal. Burung ini  memiliki umur yang lumayan panjang, di alamnya burung kenari dapat bertahan hidup kurang lebih 10 tahun.
Memelihara burung kenari tidak terlalu merepotkan, burung ini tidak butuh banyak perhatian. Sehingga memelihara burung ini sangat cocok dan dianjurkan bagi pecinta burung kicau yang masih pemula.

Perawatan Burung Kenari
1. Makanan Burung.   
Makanan untuk burung Kenari adalah campuran biji bijian segar. Kita dapat dengan mudah menjumpainya di pasaran dengan berbagai merk, biasanya produsen juga telah menambahkan vitamin pada produknya yang cocok buat burung kenari kita. Alternatif makanan nya selain biji bijian adalah pelet khusus untuk kenari, yang mengandung protein lebih banyak daripada biji bijian, tetapi apabila tidak dilatih untuk makan pelet terkadang burung kenari tidak akan menyetuh pelet tersebut, tetapi ada sebagian orang yang tetap menyediakan pelet di sangkar selain campuran biji bijian.

2. Makanan Tambahan.
Selain makanan utama diatas kita juga perlu menambahkan beberapa variasi makanan untuk membuat kenari kita bertambah gembira, makanan tambahan yang biasanya diberikan pada burung kenari adalah :
  • Sayuran atau buah, yang diberikan secara bergantian. Burung kenari sangat suka dengan sayuran dan buah seperti sawi putih, selada air, wortel, kangkung, ketimun, anggur, apel, pear juga melon.Kenari yang diberikan tambahan variasi makanan ini akan bertambah senang dan akan tambah sering untuk berkicau.
  • Protein Tambahan berupa kroto dan telur puyuh, pemberian protein tambahan ini biasanya diberikan 2 kali seminggu atau minimal sekali seminggu, pemberian protein tambahan dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan dan daya tahan burung kenari.
3. Suplemen dan Vitamin.
Terkadang bagi pecinta burung Kenari pemberian makanan biasa saja tidak cukup, jadi untuk menambah performa dan vitalitas Burung Kenari mereka, biasanya mereka memberikan tambahan suplemen dan vitamin. Dengan harapan burung Kenari dapat lebih cepat berkicau dan suara yang dikeluarkan lebih keras, panjang dan merdu. 
  • Canary Song Suplement yang bertujuan untuk membantu perkembangan pita suara, suplemen jenis ini di produksi dalam bentuk cair dan padat. Pemberiannya dapat sekali seminggu dengan cara di campurkan pada air minum atau makanannya. 
  • Vitamin. Sebagian besar makanan kenari yang dijual dipasaran telah ditambahkan vitamin. Namun kadangkala ada pecinta burung yang meracik biji bijiannya sendiri sehingga untuk menambahkan vitamin dapat dicampurkan pada air minum atau makanannya.
  • Kalsium dan Mineral. Untuk memenuhi kebutuhan akan kalsium dan mineral biasanya burung kenari diberikan asupan kalsium dan mineral tambahan, biasanya dikenal dengan nama asinan, asinan ini adalah tulang sotong yang dikeringkan. Pemberian asinan bertujuan untuk menguatkan paruh dan mineral yang terkandung dalam asinan dapat membantu pencernaan.
4. Air Segar
Semua makhluk hidup membutuhkan air begitu pula dengan burung kenari. Selalu sediakan air di sangkar. Air yang digunakan untuk minum ini harus bersih dan segar oleh karenanya harus diganti setiap hari. Air yang digunakan adalah air tawar dapat berupa air mineral kemasan atau air sumur.
5. Tempat Mandi
 Sediakan sebuah tempat mandi bisa berupa piring kecil atau wadah khusus yang cukup lebar dengan tinggi kurang lebih 2 - 3 cm. Burung Kenari perlu mandi setidaknya 2 - 3 kali seminggu atau setiap hari pada musim panas. Jangan sering memandikan burung dengan cara disemprot karena burung kenari seringkali merasa tidak nyaman. Biarkanlah Burung kenari anda mandi sendiri.

6. Sangkar untuk Kenari
  • Sangkar harian untuk burung kenari haruslah cukup besar sehingga burung dapat bergerak leluasa, dengan ukuran lebar dan tinggi kurang lebih 40 cm, dilengkapi dengan wadah makan, minum dan wadah kusus untuk mandi. Sangkar burung ini dianjurkan terbuat dari kawat atau besi, karena sangkar kayu atau bambu lebih rentan terhadap pertumbuhan bakteri dan jamur.
  • Sangkar kenari yang baik adalah yang panjang bukan yang tinggi, sangkar yang panjang memudahkan burung kenari untuk dapat mengepakkan sayapnya dengan terbang kecil di dalam sangkar dari ujung sangkar satu ke ujung lainnya. Panjang yang ideal berkisar 60 - 70 cm.
  • Sediakan minimal 2 kayu tenggeran di dalam sangkar dengan ukuran diameter 1 - 1,5 cm.
  • Tempatkan sangkar burung kenari di tempat yang tinggi dengan sirkulasi udara yang bagus dan tidak terkena sinar matahari langsung.
  • Bersihkan sangkar setiap hari  entah pagi atau sore untuk menjaga kebersihannya agar burung kenari tetap merasa nyaman dan selalu sehat.

Artikel Terkait

0 komentar on Agar burung kenari selalu Fit (Sehat) :

Post a Comment and Don't Spam!

Histat

Diberdayakan oleh Blogger.